Selasa, 15 April 2014

Beberapa Contoh Penggunaan Mind Map dalam Bidang Arsitektur



Arsitektur mencakup ilmu merancang dan membangun keseluruhan lingkungan binaan, mulai dari level makro yaitu perencanaan kota, perancangan perkotaan, arsitektur lansekap, hingga ke level mikro yaitu desain bangunan, desain perabot dan desain produk. Arsitektur juga mempertimbangkan berbagai aspek, seperti keadaan lingkungan, budaya, ekonomi, sosial, agama, dsb.

Untuk memudahkan pemahaman terkait arsitektur yang mencakup banyak hal kita dapat menggunakan Mind Map, karena Mind Map mampu mengoptimalkan kemampuan otak kita serta memudahkan kita memahami setiap elemen di dalam struktur yang kompleks.

Di bawah ini saya berikan beberapa contoh penggunaan Mind Map terkait arsitektur....


Mind Map di atas menjelaskan tentang berbagai kemungkinan bangunan yang akan dirancang oleh seorang arsitek, meliputi restoran, kantor, pusat transportasi, museum, dll.  Serta mengenai bidang yang mungkin akan digeluti oleh seorang arsitek seperti bisnis, pendidikan, sektor pemerintaah, dll.


Mind Map di atas menjelaskan tentang faktor-faktor yang perlu dipertimbangkan dalam membangun rumah, seperti faktor data terkait rumah tersebut, pendapat masyarakat terkait dibangunnya rumah tersebut, efek yang ditimbulkan dari pembangunan rumah tersebut, dll.

Mind Map di atas menjelaskan tentang bagaimana perkembangan arsitektur pada abad Pertengahan, meliputi desain bangunan pada masa itu, keadaan penduduknya, peralatan yang digunakan, dll.

Mind Map di atas menjelaskan tentang beberapa bangunan yang telah dibangun mulai dari jatuhnya Kekaisaran Romawi pada abad ke-5 sampai berakhirnya aliran Renaissance pada abad ke-15.  Pada masa itu telah didirikan beberapa bangunan yang berpengaruh di setiap masanya dengan tipe masing-masing.  Beberapa di antaranya yaitu Pantheon Romawi, Gereja Basilika St. Paulus, Gereja Katedral Notre Dame de Paris, dll.

Beberapa contoh yang telah saya berikan di atas membuktikan bahwa penggunaan Mind Map mampu memberikan gambaran yang lebih mengenai suatu informasi, karena Mind Map memberikan tampilan yang lebih menarik, pemberian warna yang menegaskan masing-masing kategori, disertai dengan pembagian sub-bab yang jelas.....



Tidak ada komentar:

Posting Komentar